5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Perut Kosong, Bisa Melarutkan Batu Ginjal

Jum'at, 27 September 2024 - 14:00 WIB
loading...
5 Manfaat Minum Air...
Minum air kelapa saat perut kosong diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Salah satunya adalah melarutkan batu ginjal secara alami. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Minum air kelapa saat perut kosong diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Salah satunya adalah kemampuannya dalam melarutkan batu ginjal secara alami.

Minum segelas air kelapa setiap hari dapat menyehatkan tubuh karena kandungan nutrisinya. Sebagai minuman elektrolit alami, air kelapa kaya akan antioksidan dan mineral penting seperti kalium, kalsium, dan magnesium.

Kandungan tersebut dapat menyegarkan dan meremajakan Anda selain menyeimbangkan tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol. Air kelapa juga aman dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga, atau bahkan sebagai bagian dari diet ketat.

Berikut adalah deretan manfaat minum air kelapa saat perut kosong dilansir dari Times of India, Jumat (27/9/2024).

5 Manfaat Minum Air Kelapa saat Perut Kosong





1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Minum air kelapa terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Profil nutrisinya mendukung fungsi kardiovaskular dan dapat berkontribusi pada kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Pencernaan


Air kelapa membantu pencernaan. Ini karena minuman tersebut kaya akan antioksidan, elektrolit, dan mangan, yang membantu menenangkan lapisan lambung dan meredakan ketidaknyamanan. Khasiat alami air kelapa menenangkan sistem pencernaan dan meningkatkan pencernaan, menjadikannya obat yang bermanfaat untuk gangguan pencernaan.

3. Memberikan Energi Instan


Air kelapa merupakan penambah energi alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan elektrolitnya yang tinggi, terutama kalium dan magnesium, memberikan dorongan energi instan. Air kelapa merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengisi kembali tingkat energi setelah berolahraga atau selama periode kelelahan.

4. Membantu Melarutkan Batu Ginjal


Air kelapa dapat membantu melarutkan batu ginjal dengan mengencerkan urine. Air kelapa mengeluarkan zat-zat kimia seperti kalsium, kalium, dan asam urat, yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Selain itu, air kelapa meningkatkan aliran urine dan memiliki efek anti-penuaan pada kulit.



5. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah


Air kelapa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah. Menurut Harvard Health, air kelapa kaya akan kalium dan vitamin, yang membantu merelaksasi pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko stroke.

Air kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat. Dengan sifat antioksidan dan mineral alami yang kuat, segelas air kelapa juga dapat membantu mengelola beberapa kondisi kesehatan kronis. Mengonsumsi air kelapa juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengatur tekanan darah, dan menghidrasi tubuh dengan baik.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)